mY_ReFLeCtion

Wednesday, September 05, 2007

MET PUASE YE SEMUANYE


MO PUASA MAAF-MAAFAN DULU NYOK !
Buat para Blogger sluruh dunia khususnya yg para blogger muslim, bentar lagi kan qta mo menghadapi bulan puasa, karenanya sebelum memasuki bulan yg mulia ini aku mo minta maaf jika ada salah ketik atau salah copy paste, selama kita berhubungan di "dunia lain" ini. Kesalahan apapun bentuknya tetaplah kesalahan yang pelakunya harus minta maaf iya tho ? makanya Maafiin aku yaaa Pliss. O ya sebelum puasa aku juga mo sdikit berbagi tentang ilmu puasa nih, biar puasa yg kita jalanin bisa SEJATI Alias Sekali Ngejalanin Mantap Di Hati (ya ..... korban iklan Lagi deh). Selain itu biar puasa yg kita lakukan bisa berbekas buat bekel 11 Bulan setelahnya dan abis puasa nanti (lebaran dongz) Qta bener-bener bisa jadi orang yang bener/gak ngaco alias taqwa.

Firman Allah s.w.t

“ Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan ke atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan ke atas umat-umat yang sebelum kamu, semoga kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa. “ (QS Al-Baqarah : 183)

Nabi kita yang mulia Muhammad SAW pernah bilang : "ILMU ADALAH (IMAM) PENUNTUN AMAL" (Al-Hadits). Dan seorang Ulama besar Imam Ibnu ruslan Mengatakan :"Setiap amal yg dilakukan harus dengan ilmunya/mengetahui ilmunya & barangsiapa beramal ibadah tanpa ilmunya, maka semua amal yang dilakukannya (sebanyak dan serajin apaupun) tidak akan diterima Allah SWT alias Mardud (ditolak)" gak maukan puasa kita kaya gitu ? Ibaratnya sebagus apapun mobil yg kita miliki tapi kalo gak tahu cara "make"nya ya gak akan jalan paling banter nyuruh orang lain buat ngajarin nyetir mobil iya tho.
ni dia penjelasannya :

Pengertian Puasa

Puasa ertinya menahan diri daripada makan dan minum dan dari segala perbuatan yang boleh membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari. Umat Islam juga dikehendaki menahan diri daripada menipu, berkata-kata yang buruk atau sia-sia, dan daripada bertengkar atau bergaduh. Ini kerana puasa merupakan medan latihan kesabaran, kejujuran dan bertolak ansur sesama sendiri. Maka secara tidak langsung, puasa juga menolong menanam sikap yang baik dan berbudi. Dan kesemuanya itu diharapkan berlanjutan ke bulan-bulan berikutnya, dan tidak hanya pada bulan puasa.

Imam Abu Hamid al-Ghazali dalam bukunya Ihya al-'Ulumuddin telah membahagikan puasa itu kepada 3 tingkatan:

  1. Puasanya orang awam (shaum al-'umum): menahan diri dari perkara-perkara yang membatalkan puasa seperti makan dan minum.
  2. Puasanya orang khusus (shaum al-khusus): turut berpuasa dari panca indera dan seluruh badan dari segala bentuk dosa.
  3. Puasanya orang istimewa, super khusus (shaum al-khawasi al-khawas): turut berpuasa 'hati nurani', iaitu tidak memikirkan sangat soal keduniaan

Pembahagian di atas memberikan umat Islam ruang untuk berfikir dan menelaah tingkat manakah mereka berada.

Hukum Puasa

Berpuasa pada bulan Ramadhan merupakan salah satu daripada Rukun Islam. Makanya, wajiblah ia dilakukan oleh semua orang Islam. Puasa lain yang wajib ialah puasa kifarah dan puasa nazar.

Hari-hari berikut disunatkan berpuasa bagi umat Islam:

Tempoh haram puasa merupakan tempoh tertentu yang umat Islam dilarang (diharamkan) berpuasa.

Syarat Wajib Puasa

Orang-orang Islam yang memenuhi syarat-syarat di bawah ini diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadhan:

Syarat Sah Puasa

Manakala syarat puasa itu diterima di dalam Islam (sah) ialah:

Rukun Puasa

Rukun puasa ada dua, iaitu:

Sunnah2 Puasa

Perkara-perkara berikut disunatkan ketika berpuasa:

Perkara2 yang Membatalkan Puasa

Manakala perkara-perkara berikut akan membatalkan puasa jika terjadi:

Orang2 yang Diizinkan Berbuka

Terdapat kelonggaran (harus) kepada golongan yang berikut untuk berbuka:

LAST BUT NOT LEAST :
MOGA2 PUASA YG BAKAL QTA JALANIN BISA MENJADIKAN QTA ORANG2 YANG BAIK INI (TETEP NARCIST), MENJADI LEBIH BAIK LAGI OK


posted by zAeN@L tHea .... at 1:34 PM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home