mY_ReFLeCtion

Wednesday, January 24, 2007

Capee deeeeh


Sekali lagi Tentang SiNetron Picisan “kita”

(Belum Tentu tulisan terakhir)

Bagi sebagian orang hal ini mungkin kegiatan yang membuang-buang waktu, atau seperti salah seorang teman saya bilang “kayak gak ada kerjaan aja” menyindir sama kegemaran saya ngedumelin masalah industri dan budaya pertelevisian kita yang emang kayaknya makin “semau 9ue” alias amburadul.

Tapi biarpunlah orang mau ngomong ama yang penting lewat “curhat” kecil ini saya bisa mengurangi beban yang ada di pikiran saya ini, sekaligus meredakan jutaan sel saraf yang selalu “tegang” kalo sebentar aja ngeliat cuplikan sinetron di TV. Ibarat kata “Anjing menggonggong orang ganteng berlalu” tul gak An … ? (panggilan buat anjing).

Meski Cuma curhat sedikit sedikit makanya ngedumelnya juga gak usah banyak-banyak lah.

Kalo masalah kualitas kwantitas sinetron dah gak usah diomongin lagi kali, soalnya dah tau semua kalo jumlah sinetron yang tayang di tv dah gak kehitung jumlahnya alias bejibunnn …. Apalagi kalo diitung pake sepuluh jari kaki ditambah sepuluih jari tangan ditrambah dua lobang idung ditambah lobang-lobang yang lainnya (awas ngaco/viktor), jumlah judul sinetron yang udah nomgol di tv kayak anak kecil bilang jumlahnya udah sampe RATUSAN …..

Kualitas …….? Jangan ditanya ! kalo bagus mah (bukan jenis penyakit gangguan lambung) ngapain juga cape-cape “ngedumel” sama temen, di darat n bikin postingang diblog kaya gini. Kalo boleh dibilang meski jumlahnya bejibun masalah kualitas mah (lagi-lagi bukan jenis penyakit gangguan lambung) ANCUR LEBUR alias TOPAN BADAI (apaan seh ?). Seperti yang udah saya bilangi dipostingan yang dulu kalo sinetron yang kualitasnya bagus baik dari segi kekuatan story, acting pemain dan lain-lainnya, sinetron yang bagus paling Cuma tiga atau empat (tambahan kemarin saya masukain daftar baru sinetron yang terbilang bagus kualitasnya yaitu DTK alias DETIK), Sumpah sinetron yang satu ini keren abiiiz pokoknya 11 – 12 deh kao dibandingin samapai sinetron favorit saya apa lagi kalo bukan KSD. Mungkin banyak yang setuju kalo DTK masuk nominasi sinetron terbaik versi para netters di Indonesia (emang ada polingnya … ?) actor sama aktrisnya keren aktingnya (kalo cakep pastinya …), kaya Dian Sastro, Taro Sodari (eh kebolak), wulan Gurit NO, de el el, ceritanya ok doku gitu loch …., bagus n yang paling bikin seneng adalah ceritanya yang menggambarkan “Investigation of Jurnalistic n deep Invetigation” kaya Peter Arnett yang ngebongkar skandal pembantian warga Vietnam di Perang Vietnam dulu (jangan percaya ama Rambo tauu …kalo dia beneran ikut perang Vietnam pasti dah mati sebelum perang). Menurut saya Kisah jurnalisme di DTK maslah lebih “suspens” dibanding film Issue yang diperanin sama Tamara Blezensky yang ngambil tema yang sama meski dengan alur yang pastinya berbeda. jurnalisme emang selalu memberi kesan yang special dan pastinya Kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen abiiiz.

O yaa dari pada ngaler ngidul lebih baik kita KEMBALI KE POSTING (kalo tukul pasti ke LAPTOP). Alhamdulillah kemaren saya dapet temen di milis plasa.com yang punya “kepedulian” atau lebih hebatnya lagi “keprihatinan” yang sama terhadap sinetron di tv. Dengan judul posting “YANG BENCI SINETRON GABUNG DI SINI” saya langsung terpanggil untuk bergabung di milis tersebut untuk sama-sama berjihad melawan “TERORIS BUDAYA TELEVISI” dan mudah2an kita eh … mereka bisa bikin web sendiri kaya ANTISINETRON.COM yang pernah ada dulu. Biarpun belum tentu ada yang mau baca atau dengerin. Yang penting kiat udah curhat bareng gitu loch.

Dan daripadanya lah saya juga dapat informasi tambahan berupa list sinetron yang lagi-lagi ngejiplak film-film luar negeri khususnya Korea n Taiwan kao mo tau niih daftarnya biar sekalian tau betapa kerdil dan mandeknya ide, dan kreatifitas para sinetron maker kita sampai-sampai demi uang segalanya jadi halal, kenapa juga yah kita g bisa bikin sesuatu yang bisa bikin sirik kalangan sineas luar negeri sampe rela2 ngejiplak mati2an film kita??? Gak ada tuh.

Neh daftar sinetron jiplakan asli sutradara Indonesia (janmgan kaget jumlahnya hamper 30 biji, itupun yang ketahuan belon yang dah kelewat atau gak ada yang tau ?) :

1. Benci Bilang Cinta (Goong / Princess Hours - korean drama)

2. Benci Jadi Cinta (My Girl - korean drama)

3. Impian Cinderella (Prince Who Turns Into Frogs - taiwan drama)

4. Cowok Impian (It Started With A Kiss - taiwan drama)

5. Putri Kembar (100% Senorita / Twins - taiwan drama)

6. Dua Hati Satu Cinta (Qin Shen Shen Yu Meng Meng / Kabut Cinta - taiwan

drama)

7. Sumpeh Gue Sayang Loe (Smile Pasta - taiwan drama)

8. Kau Masih Kekasihku (At The Dolphin Bay - taiwan drama)

9. Pangeran Penggoda (Devil Beside You - taiwan drama)

10. Rahasia Pelangi (Love Apart A Moment - taiwan drama)

11. 2 Hati (Snow Angel - taiwan drama)

12. Berani Tampil Beda (Magicians of Love / Ai Qing Mo Fa Shi - taiwan

drama)

13. Benar-benar cinta (Devil Beside You - taiwan drama)

14. Bukan Diriku (Anything For You - japanese drama)

15. Pengantin Remaja (My Little Bride - korean drama)

16. Bintang (HZGG - taiwan drama)

17. Pacarku Besar Sekali - ftv (My Name is Kim Sam Soon - korean drama)

18. Katakan Kau Mencintaiku (Sad Love Song - korean drama)

19. Cincin (Beautiful Days - korean drama)

20. Liontin (Glass Shoes - korean drama)

21. Wulan (Term of endearment)

22. Intan (Be Strong Geum Soon - korean drama)

23. I love you, Boss! (Bright Girl's Success Story - korean drama)

24. Buku Harian Nayla (1 litre of tears - japanese drama)

25. Janji Jaya (My Name is Kim Sam Soon - korean drama)

26. Cinta Remaja (My Sassy Girl Choon Hyang - korean drama)

27. Darling (My Name is Kim Sam Soon - korean drama)

28. Baby Doll (Love Storm - taiwan drama starring vic zhou & vivian Hsu).

And the last But no Least Kebetulan juga sekarang lg rame “perang sodara” antara sineas muda kaya riri riza, nia dinata, mira lesmana dkk versus actor n aktris jaman majapahit para juri di FFI yang menangin film controversial (lagi-lagi masalah jiplak-menjiplak dlm kasus ini soundtrack film asing dijiplak sama pemenang FFI yaitu film ekskul yang bikin geger itu) kita wacanain juga segera dibuat LSS alias Lembaga Sensor sinetron biar sinetron kita lebih berkualitas dan yang terpenting adalah menjaga karya cipta orang lain dengan melahirkan ide, konsep dan kreatifitas para sineas kita biar lebih ok. Gitu

Labels:

posted by zAeN@L tHea .... at 6:03 PM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home